Manfaat Buah Apel untuk Kesehatan dan Kecantikan

http://4.bp.blogspot.com/-TDSGihH2ehs/UvOyNJRqMoI/AAAAAAAAAAc/tVKH64_s2TM/s1600/2.gif
Bookmark and Share
Manfaat Buah Apel. Bauh yang memiliki warna yang menarik serta rasa yang enak ini terbukti memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Buah apel mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh manusia, apa saja manfaat buah apel untuk kesehatan dan kecantikan? silahkan disimak selengkapnya.

Manfaat Buah Apel

Buah apel Pertama kali ditanam di asia tengah, namun saat ini buah apel banyak di budidayakan di seluruh dunia dan di indonesia sendiri terdapat kota dengan ciri khas buah apel yaitu kota batu malang jawa timur, yang biasa juga disebut dengan kota apel karena kota ini merupakan penghasil apel terbesar di indonesia.

Pada umumnya saat matang apel memiliki warna merah, namun tak jarang juga apel berwarna hijau dan kuning. apel tumbuh pada daerah beriklim dingin seperti halnya di kota batu malang. buah apel sangat enak di makan langsung, selain itu apel juga bisa diolah menjadi saus apel, manisan apel atau minuman sari buah apel.

Jenis Jenis Apel

Apel memiliki banyak jenis diantaranya :


  1. Apel kuning ( Golden Delicious ) ini berasal dari Amerika, biasanya dikonsumsi untuk pai dan dibuat saus apel.
  2. Apel merah ( Red Delicious ) jenis yang paling sering dijumpai baik secara langsung maupun ditelevisi karena memiliki warna yang menggoda.
  3. Apel Fuji ( Gala ) asalnya dari Selandia Baru adalah buah apel yang memiliki rasa paling segar dan paling manis diantara apel yang lain.
  4. Granny Smith sepertinya jenis apel yang satu ini kurang familiar dimata orang Indonesia, buah yang berasal dari Australia ini memiliki rasa yang asam, warna hijau, berukuran sedang, biasanya dibuat untuk masakan.
  5. Apel manalagi ( lokal ) paling sering dijumpai berwarna hijau
  6. Apel malang ( lokal ) buah yang satu ini dibuat keripik oleh pengusaha makanan.


Di indonesia sendiri, sangat mudah menemukan buah apel, banyak tersedia di toko buah tradisional dan toko buah modern, selain rasanya yang enak ternyata apel juga memiliki manfaat bagi kesehatan. apa saja manaatnya? berikut adalah manfaat apel unttuk kesehatan dan kecantikan.

Manfaat Buah Apel untuk Kesehatan


1. Mencerdaskan Otak
Kandungan Asetilkolin dalam buah apel dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kecerdasan otak. Dengan mengkonsum apel secara teratur daya ingat otak akan semakin meningkat. Jadi buku bacaan yang dibaca orang dengan konsumsi apel setiap hari akan diserap secara utuh dan tidak mudah dilupakan.


2. Mencegah dan Mengobati Ashma
Jus apel sangat banyak manfaatnya, minuman segar ini sangat disukai oleh anak - anak. Baru - baru ini telah diteliti jika seorang anak mengkonsumsi jus apel setiap hari maka tidak terserang oleh penyakit ashma.


3. Mencegah Osteoporosis
Masa tua tidak bisa dihindari oleh seluruh umat manusia, jika saat ini muda cantik dan tampan suatu saat pasti mengalami masa tua yang keriput dan rapuh. Untuk itu perlu adanya pengetahuan yang menunjang ketika masa tua datang. Untunglah saat ini sudah ada internet yang membuat orang dengan mudah mengakses informasi apapun salah satunya informasi kesehatan. Baru - baru ini penelitian mengindikasikan bila Manfaat Buah Apel dapat melindungi tulang dari kerapuhan.


4. Menyehatkan Mata
Rabun senja adalah momok paling menakutkan bagi manusia karena dapat mengurangi ketajaman indera penglihatan. Jika Anda merasa sudah tidak bisa fokus melihat saat senja hari sebaiknya mulai sekarang konsumsilah apel karena Manfaat Buah Apel dipercaya dapat menyehatkan mata.


5. Mengobati Rematik

Kandungan nutrisi pada apel sudah dipercaya sejak lama dapat mengobati rematik. Penyakit yang sering disebut asam urat ini sering menimpa orang lanjut usia. Namun, baru - baru ini jika tubuh tidak dijaga dengan pola hidup sehat usia 40an sudah ada yang terkena asam urat.


6. Menyehatkan Jantung
Jantung adalah organ vital manusia, jika jantung terganggu sudah dapat dipastikan kesehatan seluruh tubuh seseorang juga akan terganggu. Jika Anda tidak ingin mengalami masalah pada kesehatan jantung sebaiknya mulai sekarang konsumsilah apel setiap hari.


7. Mengembalikan Stamina

Bagi seseorang yang gemar olahraga atau sedang stress membuat asam laktat dalam tubuh meningkat. Jika tidak segera diatasi maka akan mengganggu organ dan kesehatan tubuh. Nah, apel mengandung kalium dan enzim yang dapat meredakan kelelahan saat olahraga dan mengurangi asam laktat dalam tubuh.


8. Mencegah dan Mengobati Anemia
Bauh apel mengandung banyak zat besi yang mampu meningkatkan hemoglobin pada darah, kekurangan hemoglobin pada darah dapat menyebabkan anemia.


9. Membantu Kerja Usus Halus

Pencernaan tidak pernah lepas dari kerja usus halus sebagai pemroses makanan dan mengambil nutrisinya. Konsumsi apel secara teratur dapat mencegah konstipasi dan gangguan pencernaan lainnya.


10. Menurunkan Kolesterol
Dengan mengkonsumsi 2 buah apel setiap hari telah dipercaya dan terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Lemak jahat yang tidak sehat bagi tubuh ini dapat berkurang sebanyak 16% jika apel dikonsumsi secara teratur.


11. Menyehatkan Saluran Pencernaan
Studi ini tidak dilakukan langsung pada manusia melainkan pada binatang bernama tikus. Dibuat ekstrak apel khusus yang diberikan pada tikus dan hasilnya mengejutkan. 43% tikus yang diberi ekstrak apel ternyata beresiko lebih rendah terkena kanker usus. Jika ekstrak tersebut berefek pada tikus kemungkinan besar juga berefek pada manusia.


Manfaat Bauh pael untuk Kecantikan

Selain bermanfaat untuk kesahatan buah apel juga bermanfaat untuk kecantikan.

1. Mengurangi Keriput pada wajah
Buah Apel berkhasiat sebagai pembersih wajah, menghaluskan kerutan pada wajah. Cara pemakaiannya adalah dengan cara diparut dan kemudian dioleskan pada wajah secara merata. Diamkan selama 15 menit lalu bilas menggunakan air hangat sampai bersih. Gunakan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.


2. Mencegah kulit berminyak dan jerawat
caranya : campur parutan buah apel dengan madu oleskan kewajah secara merata, dan diamkan 10 menit lalu bilas dengan air dingin.


3. Menghilangkan Kantung Mata
Caranya : Campukan 2 sendok makan sari apel dengan parutan kentang. Cara pemakaiannya yaitu sambil berbaring, kemudian oleskan pada bagian kantung mata dan tutup dengan kain hangat. Diamkan sampai 20 menit lalu bilas dengan air hangat sampai bersih.


4. Melembabkan Kulit
Caranya : Paryt buah apel dan campur dengan madu, kemudian gunakan sebagai masker, tunggu sampai kering dan bilas, lakukan secara teratur.


5. Menurunkan Berat Badan
Mengkonsumsi Apel setiap hari secara teratur dapat membantu anda menurunkan berat badan, seperti halnya buah pisang Apel memiliki serat yang dapat membantu proses pencernaan.


Nah itulah berbagai manfaat apel untuk kesehatan dan kecantikan, untuk mendapatkan manfaatnya sebaiknya mulai sekarang anda mulai mengkonsumsi apel secara teratur. Semoga bermanfaat, Salam.

Rating : 4.5

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar