Manfaat Buah Pepaya Untuk Kesehatan

http://4.bp.blogspot.com/-TDSGihH2ehs/UvOyNJRqMoI/AAAAAAAAAAc/tVKH64_s2TM/s1600/2.gif
Bookmark and Share
Buah yang dalam bahasa Sunda disebut “gedang”, dan dalam bahasa Cirebon disebut “kates” ini adalah salah satu buah yang nikmat dan juga berkhasiat untuk kesehatan. Manfaat buah pepayabisa digunakan untuk mengatasi berbagai penyakit dan juga mencegah beberapa penyakit. Untuk mendapatkan buah ini tidaklah sulit, banyak penjual buah yang menjajakan pepaya di tempat jualannya, mulai dari pedagang kaki lima, kios buah buahan, hingga supermarket.

Rasanya yang nikmat, manis, dan menyegarkan bisa memanjakan lidah kita, ditambah lagi jika kita ketahui manfaat yang bisa didapat dari buah pepaya ini. Untuk yang masih muda, pepaya pun bisa dimanfaatkan untuk membuat rujak, manisan, dan lain lain. Banyaknya manfaat buah pepaya membuat banyak orang tertarik untuk menanam pohonnya di halaman rumah sendiri, ditambah pohon pepaya tidak memerlukan areal yang luas, dan bisa berbuah banyak setiap musimnya.

Manfaat buah pepaya secara komoditi

manfaat buah pepaya

Buah pepaya merupakan salah satu jenis buah yang banyak dicari orang, mereka membutuhkannya untuk konsumsi sehari hari, pakan burung, membuat rujak, membuat manisan, serta untuk pengobatan susah buang air besar. Melihat tingkat kebutuhan yang cukup kompleks tersebut, menjadikan pepaya sebagai sebuah komoditi yang menjanjikan untuk digarap.

Untuk menjadi petani pepaya atau distributor pepaya, tidak memerlukan keahlian yang terlalu expert karena pepaya bisa tumbuh dan berbuah dengan baik walaupun kita tidak terlalu memperhatikannya. Tinggal tanam, cukupi kebutuhan airnya, jaga pertumbuhannya, dan dalam waktu yang relatif singkat pohon pepaya akan segera menghasilkan buahnya. Manfaat buah pepaya sebagai komoditi ini bisa disalurkan ke pedagang buah buahan yang banyak tersebar di mana mana.

Manfaat buah pepaya untuk kesehatan


Berikut adalah beberapa manfaat dari buah pepaya yang berhubungan dengan kesehatan :

1.       Mendukung program diet

Untuk yang sedang melakukan program diet dan penurunan berat badan, mengkonsumsi buah pepaya bisa mendukung pencapaian tujuan yang diharapkan. Karena kita akan memiliki sistem pencernaan yang lancar dan terhindar dari susah buang air besar. Kandungan nutrisinya membuat sistem pencernaan bekerja lebih baik dan optimal.

2.       Menyembuhkan luka

Jatuh dan tergores benda tajam adalah hal yang bisa menyebabkan luka di tubuh. Untuk menyembuhkannya, ambillah kulit pepaya secukupnya, kemudian blender dan haluskan. Setelah halus, tempelkan ramuan tersebut ke luka dan biarkan selama beberapa menit. Kemudian bersihkan.

3.       Meningkatkan kesehatan rambut

Dengan rutin mengkonsumsi buah pepaya, kita memiliki tingkat kesehatan rambut yang lebih baik dibandingkan dengan yang tidak. Belum diketahui nutrisi apa yang menyebabkan hal itu terjadi, tetapi hal ini telah banyak dibuktikan melalui riset.

4.       Melancarkan buang air besar

Susah buang air besar atau yang biasa disebut dengan sembelit jika tidak segera diatasi akan menyebabkan perut tidak nyaman, ambeien, dan berbagai hal lain yang tidak diinginkan. Atasi segera masalah kesulitan buang air besar tersebut dengan memakan buah pepaya. Manfaat buah pepaya bisa membuat kita lancar saat melakukan buang air besar.

5.       Membuang racun tubuh

Banyak zat berbahaya yang setiap harinya masuk ke dalam tubuh, baik dari minuman beralkohol, menghisap rokok, atau zat kimia dari makanan yang dikonsumsi. Dengan melancarkan buang air besar, maka kita melancarkan proses detoksifikasi atau pembuangan racun dalam tubuh. Jadi, secara tidak langsung pepaya bisa membuang racun dalam tubuh kita.


Demikianlah informasi tentang manfaat buah pepaya, baik sebagai komoditi maupun untuk kesehatan. 

Semoga info tentang manfaat buah pepaya ini bermanfaat


{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar