Sistem Pencernaan Makanan pada Manusia

http://4.bp.blogspot.com/-TDSGihH2ehs/UvOyNJRqMoI/AAAAAAAAAAc/tVKH64_s2TM/s1600/2.gif
Bookmark and Share

Sistem Pencernaan Makanan pada Manusia - Makanan yang kita makan akan dicerna melalui sistem pencernaan. Di dalam sistem pencernaan, terjadi proses pemecahan makanan yang mengandung zat seperti karbohidrat, lemak, dan protein menjadi molekul sederhana. Proses yang demikian dinamakan proses pencernaan makanan. Pola makan sangat berpengaruh terhadap kesehatan alat pencernaan kita. Misalnya kebiasaan mengonsumsi makanan pedas dapat berpengaruh terhadap asam lambung, demikian juga dengan mengonsumsi makanan berserat dapat mempermudah buang air besar.

Sistem pencernaan manusia
Gambar 1. Sistem pencernaan manusia
Tubuh sehat merupakan keinginan setiap orang. Hal ini karena dapat mendukung kelancaran aktivitas kita. Namun, orang-orang di sekitar kita banyak yang merasa tubuhnya tidak ideal, seperti terlalu kurus atau terlalu gemuk. Gemuk dan kurus sangat dipengaruhi oleh pola makan. Menurut ahli gizi, pola makan seseorang dapat berpengaruh terhadap kesehatan. Tahukah Anda bagaimana pola makan yang sehat itu? Bagaimana pola makan dapat mempengaruhi kesehatan pencernaan kita?



2. Kelainan, Gangguan dan Penyakit Sistem Pencernaan

3. Teknologi untuk Mengatasi Gangguan Sistem Pencernaan Makanan

Anda sekarang sudah mengetahui Sistem Pencernaan Makanan. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Blog ini.

Referensi :
Purnomo, Sudjiono, T. Joko, dan S. Hadisusanto. 2009. Biologi Kelas XI untuk SMA dan MA. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 386.

Rochmah, S. N., Sri Widayati, M. Miah. 2009. Biologi : SMA dan MA Kelas XI. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 346.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar