Menarik Unik, 10 Fakta Tentang YouTube

http://4.bp.blogspot.com/-TDSGihH2ehs/UvOyNJRqMoI/AAAAAAAAAAc/tVKH64_s2TM/s1600/2.gif
Bookmark and Share
GB. Menarik Unik, 10 Fakta Tentang YouTube - YouTube adalah media berbagi atau kumpulan informasi berupa video. Youtube mencangkup beribu-ribu lebih berbagai macam video yang di share oleh banyak orang. Kita dapat berbagi video sendiri supaya bisa di lihat oleh orang banyak. Tak sedikit pula orang yang mendadak jadi artis terkenal oleh videonya yang di unggah di Youtube. Untuk kamu yang suka bikin video sendiri bersama teman-temannya, Youtube sangat cocok untuk tempat share video kita. Dari hasil video kita, kalau Anda berminat bergabung dengan mitra Youtube dan di hubungkan dengan Adsense, lumayan bisa mendapatkan dollar. Apalagi kalau video kita banyak yang suka, banyak yang menonton, selain kita bisa di kenal orang banyak di samping itu juga dollar mengalir ke-saku Anda (sambil menyelam minum air). Tapi disini saya tidak akan menjelaskan tentang dollar atau Adsense. Saya akan mencoba menjelaskan Fakta - Fakta Menarik (Unik) Tentang Youtube. Berikut fakta-faktanya :

YouTube

1. Pencipta YouTube adalah Chad Hurley, Steve Chen, dan Jawed Karim pada tahun 2005 silam saat mereka sama-sama bekerja menjadi karyawan di PayPal. Hal yang menarik yaitu Logo PayPal diciptakan oleh Hurley sendiri ketika ia sedang melihat artikel tentang perusahaan pembayaran on-line dan dari situ mulai mengirim surat elektronik (E-mail) untuk mencari pekerjaan. Awalnya, YouTube di biayai oleh bonus yang diterima, dan saat eBay membeli PayPal pada tahun 2002. Jadi kesimpulannya bila tidak ada PayPal, otomatis tidak akan ada YouTube.

2. Konsep awal YouTube tadinya merupakan situs video kencan, seiring berjalan waktu dan terinspirasi oleh bencana Tsunami 2004 yang melanda Lautan Indian sekitarnya dan Insiden kasus puting Janet Jackson yang terekam pada acara Super Bowl. Dari situlah ide muncul dimana para pengguna situs Youtube dapat membagikan video mereka. Untuk saat ini situs YouTube sendiri digunakan sebagai tempat atau wadah berbagi macam informasi, ladang bisnis, berupa tutorial dan ada juga pengetahuannya.

3. Domain “.com (dot com)” pada Youtube terdaftar pada 2005 dimana saat itu betepatan dengan Hari Valentine. Tapi, ada yang salah pengertian terhadap domain “u.tube.com” perusahaan Universal Tube & Rollform Equipment yang bermarkas di Perrysburg, Ohio. Kemudian pihak Universal Tube menggugat YouTube karena kewalahan dengan trafik yang diterima oleh penggunanya, yang dimana nama domain mereka hampir sama bila artikan atau diucapkan. Tapi sayangna klaim tersebut tidak diterima.

4. Video pertama yang di upload di YouTube berjudul “Me at the Zoo” yang direkam oleh Yakov Lapitsky di kebun binatang San Diego. Di video tersebut Co-Founder, Jawed Karim berada di depan kumpulan gajah yang sedang makan rumput. Sampai saat ini (2013) video tersebut telah ditonton lebih dari 13juta kali sejak debut awalnya pada 23 April 2005.

5. Selanjutnya video berjudul “Charlie Bite My Finger” merupakan video paling banyak di tonton, di sukai, dan di favoritkan oeh pra pengguna Youtube (terlepas dari Official Video Music). Karena di video tersebut terlihat sang adik (Charlie) mengigit jari sang kakak (Harry). Video unik lucu berudurasi 56 detik ini telah di tonton lebih dari 616 juta kali (2013). Kemudian saat ini video Justin Beiber, PSY (Gangnam Style) dan lainnya lebih banyak ditonton.

6. Awal Februari 2011, situs YouTube telah memiliki 490 juta pengguna unik setiap bulannya yang tersebar di dunia. Diperkirakan 92 juta halaman di lihat setiap bulannya. YouTube sendiri menghabiskan sekitar 2.9 miliar jam setiap bulan sekali untuk mengindeks data tersebut. Yang di indeks hanya pada halaman utama website pengguna komputer, itu belum termasuk Embedded videos & video yang ditonton dari perangkat mobile (Handphone/Tablet).

7. YouTube sendiri memiliki akun social media seperti Twitter, Facebook, Google+ dan lainnya. Dan rata-rata link “YouTube” di tweets lebih dari 400 kali /menitnya. Sedangkan di Facebook sendiri link yang masuk ke youtube lebih dari 700 kali per harinya.

8. Penyanyi bergenre Rock, Rick Astley atau “Rickroll” tampil di YouTube pada 2007. The Rickroll telah menjadi bahan candaan didunia maya. Terkenal sampai ke belahan dunia. 

9. Hari April Fools Days, sering ditampilkan pada uploader di YouTube. Bahkan tiap tahunnya pada setiap bulan April selalu ada Video iseng entah itu berupa Artis ataupun Trend yang di benci. Saat itu pertama terjadi pada April 2009 dimana semua video memuat cover Rickroll.

10. Pada November 2006, Terjadi kesepakatan antara pihak YouTube dan Google dimana Google membeli penuh domain YouTube dan semuanya dengan harga sekitar 1.65 Triliun Dollar (Woww). Hal ini banyak menimbulkan reaksi pro dan kontra. Tercatat sebanyak 200 ribu video yang tidak copyright di hilangkan.

Apa komentar Anda dan apa yang Anda rasakan saat menggunakan YouTube lama dan Youtube saat berada di tangan Google ?? Untuk saya pribadi itu gak ada masalah, selagi kita sesuai dengan syarat dan ketentuannya. 

Sekian dulu pembahasan tentang Menarik Unik, 10 Fakta Tentang YouTube, semoga bermanfaat. ()

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar