Tanda-Tanda Kehamilan

http://4.bp.blogspot.com/-TDSGihH2ehs/UvOyNJRqMoI/AAAAAAAAAAc/tVKH64_s2TM/s1600/2.gif
Bookmark and Share
Tanda-tanda kehamilan? Anda mencari informasi mengenai tanda-tanda kehamilan, karena merasa kondisi yang sedang anda alami kini mengarah pada kehamilan. Maka temukan jawabnya diposting ini mengulas lengkap tanda-tanda hamil yang bisa anda jadikan acuan.

Apakah kamu merasa sedang hamil? Cara satu-satunya untuk mengetahui dengan pasti ialah dengan menggunakan sebuah tes kehamilan.

Namun begitu ada tanda awal atau gejala awal kehamilan yang mungkina mengarahkan kepada kemungkinan bahwa anda mungkin hamil. Inilah tanda-tanda kehamilan yang bisa anda pakai sebagai acuan kasar.

Tanda-Tanda Kehamilan

Tanda Kehamilan

Apakah semua tanda kehamilan wanita adalah sama?

Setiap wanita berbeda. Begitupun pengalaman masa awal kehamilan mereka. Tidak semua wanta memiliki gejala sama atau bahkan tanda di kehamilan pertama dan kedua belum tentu sama.

Atau bisa jadi gejala awal kehamilan seringkali terjadi seperti sebelumnya dan juga selama masa menstruasi, gejala-gejala itu tidak selalu dapat dikenali.

Yang bisa dijadikan acuan ialah sebuah gambaran dari sejumlah tanda awal kehamilan namun umum ditemui. Namun perlu diketahui bahwa gejala-gejala atau tanda-tanda ini bisa disebabkan oleh karena hal lain selain kehamilan.

Jadi yang ingin saya katakan, bahwa sebagian dari gejala (tanda) ini tidak selalu berarti kamu sedang hamil. Cara akurat menentukan kehamilan ialah dengan sebuah tes kehamilan.

Flek dan keram

Beberapa hari setelah pembuahan, telur yang terbuahi menempel ke dinding uterus (rahim). Hal ini dapat menghasilkan tanda-tanda awal kehamilan yakni -- flek dan terkadang, keram.

Flek itu disebut pendarahan karena implantasi. Ini terjadi saat 6 hingga 12 hari setelah telur terbuahi.

Pendarahannya terjadi lebih awal, warna darah lebih terang dan lebih sedikit dibanding darah yang keluar saat menstruasi, dan hanya sejenak.

Ada juga yang mengalami nyeri atau kram perut pada awal-awal kehamilannya saat rahim mulai membesar. Rasa nyeri ini persis seperti rasa sakit pada saat haid

Dan soal keram, wanita biasanya alami nyeri (keram) pada masa awal kehamilan ini dikarenakan rahim membesar. Dan rasa nyeri ini memilki rasa sakit serupa saat menstruasi.

Keramnya seperti keram saat menstruasi, sehingga sejumlah wanita terkecoh dan pendarahan saat awal mens. Pendarahan dan keram, juga umum ditemui jika terjadi menstruasi.

Selain pendarahan, seorang wanita mungkin mendapati keputihan seperti susu dari (memisah) vagina. Hal itu berhubungan dengan pengentalan tembok vagina, yang terjadi hampir bertepatan setelah kehamilan. Sel yang tumbuh berbaris di vagina menyebabkan pemisahan.

Perubahan pada payudara

Perubahan pada payudara bisa jadi merupakan tanda awal kehamilan. Level hormon seorang wanita secara cepat berubah setelah pemmbuahan. Karena perubahan-perubahan itu, payudara membesar, sakit, dan nyeri jika dipegang. Atau terasa lebih berat dan penuh atau lunak saat disentuh. Dan juga area disekitar puting, disebut areola, berubah lebih gelap atau juga kehitaman.

Ini terjadi karena persiapan yang dilakukan payudara untuk produksi susu dan pada masa dua minggu pertama kehamilan. Karena hormon esterogen dan progesteron sedang di produksi. Jika ini kehamilan pertama anda, maka perubahan ini akan jauh lebih jelas terlihat.

Dan semua rasa dan kondisi yang terjadi pada payudara anda, akan terasa biasa seiring berjalannya waktu saat hamil.

Kelelahan

Merasa amat lelah merupakan hal wajar saat hamil. Seorang wanita merasakan lelah secara tidak wajar setelah satu minggu setelah mengandung.

Kenapa? Ini terjadi karena meningkatnya hormon progesterone, meskipun hal lain bisa juga menyebabkan kelelahan seperti gula darah rendah, tekanan darah rendah, dan meningkatnya produksi darah.

Jikalau kelelahan ini benar dikarenakan anda sedang hamil, maka sebaiknya anda banyak istirahat. Makanlah makanan berprotein tinggi dan mengandung zat besi.

Mornng Sickness (Nausea/ Mual dan muntah)

Morning sickness merupakan gejala populer hamil. Namun tidak semua wanita hamil mengalaminya.

Inilah yang terjadi. Tingkat hormon wanita hamil dapat memperlambat mengolah makanan dalam perut. Hal itulah yang menyebabkan terjadinya nause, seringkali disebut morning sickness.

Nausea biasanya datang pagi hari pada 2-8 minggu setelah terjadi pembuahan hingga minggu ke 12. Seorang wanita akan merasa mual, ingin muntah juga hilang selera makan. Bahkan makanan favoritnya bisa tidak ia gubris.

Tidak menstruasi

Gejala populer lainnya adalah, tidak menstruasi, hal inilah yang seringkali mendorong wanita untuk mengadakan tes kehamilan. Namun jangan sekali, tidak mens atau tertunda mens bukan berarti kehamilan.

Karena ada hal-hal lain yang menyebabkan mens tidak terjadi, mungkin karena kenaikan atau penurunan berat badan. Masalah hormon, kelelahan, atau stres bisa jadi penyebabnya. Dan juga pil KB.

Sering kencing

Bagi banyak wanita, kondisi ini sering ditemui, biasanya terjadi pada 6 atau 8 minggu pembuahan. Meskipun ini bisa juga karena hal lain -- selain kehamilan -- seperti diabetes, infeksi saluran kencing.

Dan jikalau memang disebabkan karena hamil, maka ini karena masalah hormon yang normal.

Sembelit

Selama kehamilan, hormon progesterone meningkat bisa menyebabkan sembelit. Progesterone menyebabkan makanan lebih lambat dicerna usus besar. Untuk mengatasi hal ini dianjurkan untuk banyak minum air, olah raga, dan konsumsi makanan berserat.

Mood swings. These are common, especially during the first trimester. These are also related to changes in hormones.

Perubahan mood

Sejumlah wanita mengalami hal ini saat kehamilan, seperti halnya ditemui saat haid. Contohnya perasaan gembira atau juga mudah marah. Ini dikarenakan hormon kehamilan pengaruhi zat kimia dalam otak, efeknya pada mood si wanita. Dan masalah mood lainnya, seperti ketakutan dan sebagainya.

Sakit kepala dan sakit punggung

Banyak wanita hamil melaporkan sering alami sakit kepala ringan, dan kondisi lainnya yakni sakit punggung.

Pusing (pening) dan ingin pingsan

Hal ini dikarenakan karena darah rendah, dan gula darah rendah. Namun jarang terjadi.

Ngidam

Ini salah satu kondisi yang sudah tidak asing lagi, ingin makan yang segar-segar seperti buah atau juga ngerujak dan makanan lain yang memberikan energi atau kalsium contohnya susu.

Ada juga yang ngidam yang aneh seperti ingin memakanan benda yang muskil mereka makan contohnya tanah, kertas dstnya.

Bahkan ada yang benci makanan favorit mereka. Namun ada juga yang sama sekali tidak ngidam.

Anda bisa gunakan semua tanda-tanda kehamilan diatas sebagai acuan guna menjelaskan kondisi yang mungkin tidak biasa yang sedang anda alami. Namun begitu disarankan melakukan sebuah tes kehamilan untuk lebih pasti dan akurat.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar