Mau Tahu Manfaat Yoga??

http://4.bp.blogspot.com/-TDSGihH2ehs/UvOyNJRqMoI/AAAAAAAAAAc/tVKH64_s2TM/s1600/2.gif
Bookmark and Share
Mau Tahu Manfaat Yoga?? Yoga adalah salah satu bentuk exercise yang berasal dari India dan telah dikenal sejak 3000 tahun sebelum masehi. Yoga juga merupakan bentuk meditasi yang berpusat pada ketenangan pikiran sehingga dapat memberikan relaksasi serta menumbuhkan energi positif dalam tubuh dan pikiran.

Manfaat yoga tak hanya memberikan ketenangan pikiran, bentuk pelatihan yoga juga mengutamakan pada latihan fisik yang dapat melatih kelenturan otot, maelatih pernafasan dan keseimbangan tubuh. Apa saja manfaat yoga?? yukk intip penjelasan berikut :


  • Melancarkan Peredaran DarahGerakan-gerakan yang dilakukan pada saat yoga dapat melatih tubuh agar lebih rileks. Dengan relaksasi ini dapat membantu melancarkan peredaran darah dalam tubuh, khususnya bagian tangan dan kaki. Melakukan yoga dengan benar dan rutin dapat meningkatkan kadar sel darah merah dan homoglobin yang bertugas menyebarkan oksigen keseluruh tubuh.
  • Keseimbangan Otak. Beberapa bentuk gerakan yoga menekankan pada kinerja keseimbangan dan keselarasan otak kanan-kiri. Dengan bentuk gerakan tersebut akan meningkatkan komunikasi internal antara otak kanan dan kiri sehingga terjadi keseimbangan pada otak kanan sebagai otak kreatif dan otak kiri sebagai otak analisis. 
  • Fleksibilitas Tubuh. Melakukan gerakan yoga secara rutin dan benar akan memlemaskan tubuh yang kaku dan menghilangkan nyeri pada bagian tubuh yang pegal-pegal sehingga tubuh akan lebih fleksibel.
  • Melancarkan Pernafasan. Kombinasi gerakan pada yoga dan teknik-teknik pernapasan dapat membantu memperlancar sirkulasi pernafasan dan sirkulasi dalam darah. Hal ini sangat erat kaitannya dengan kelancaran oksigen dalm darah.
  • Meredakan Stres. Relaksasi dan meditasi dalam yoga mampu memberikan ketenangan hati dan pikiran. Hal ini dapat menurunkan atau meredakan stres.
  • Meratakan Perut. Beberapa gerakan dalam yoga yang berbasis gerakan sit up mampu membuat perut semakin rata.
  • Bermanfaat Bagi Ibu Hamil. Bagi ibu hamil, yoga dapat membantu mengurangi tingkat kelelahan dan ketegangan pikiran serta otot, dapat meningkatkan fleksibilitas otot dan mengurangi nyeri pada kaki dan punggung bawah.

Selain manfaat yoga yang telah dipaparkan diatas, menurut hasil penelitian yoga juga mampu menjaga ingatan dalam jangka panjang dan menghilangkan pikiran negatif, sehingga terbentuk pikiran positif. Karena itu, tak ada salahnya mencoba melakukan yoga mulai dari sekarang dan rasakan menfaatnya!! 

Semoga bermanfaat informasi Mau Tahu Manfaat Yoga??

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar