Mengenal Keunikan Jenis Kenari Mule

http://4.bp.blogspot.com/-TDSGihH2ehs/UvOyNJRqMoI/AAAAAAAAAAc/tVKH64_s2TM/s1600/2.gif
Bookmark and Share
GB. Kenari mule adalah jenis kenari hasil persilangan dalam keluarga burung finch tetapi berbeda genus. Istimewa dari kenari Mule ini, pertama karena kecantikan bulunya dan kemerduan suaranya. Yang pernah dilakukan oleh peternak kenari di Indonesia pada umumnya adalah menyilangkan kenari dari satu genus, misalnya kenari (Serinus serinus) dengan blackthrout (Serinus Atrogularis) keduanya sama-sama dari genus Serinus, hasil silangannya oleh penyilangnya diberi nama blacken (blackthrout-kenari).

kenari-goldfinch-mule

Lain halnya dengan kenari Mule, dihasilkan dari persilangan antar genus misalnya kenari Norwich Fancy (Serinus canaria domesticus) dikawinkan dengan varietas besar keluarga fich lainnya, misalnya Goldfinch (Carduelis carduelis), Bullfinch (Pyrrhula pyrrhula), Siskin (Carduelis cucullata) dan Chaffinch (Fringilla coelebs), baik Goldfinch jantan atau betina dapat digunakan dalam perkawinan, persilangan yang dibuat biasanya menggunakan burung kenari betina. Hasil dari persilangan inilah yang menghasilkan kenari " Mule ", merupakan burung yang sangat manis ditandai dengan lagu yang berkualitas unggul.

Dalam membuat persilangan itu sebaiknya menggunakan burung kenari betina dengan warna yang cerah misalnya kuning, tujuannya untuk mengimbangi warna gelap dari goldfinch tersebut. Dari hasil persilangan tersebut dihasilkan burung yang biasanya memiliki bulu gelap kehijauan.

Hampir seluruh komunitas pecinta kenari mengakui bahwa burung kenari Mule ini lebih unggul dalam bulu dan lagu. Hanya saja kenari Mule ini memiliki sifat steril sehingga sulit untuk dikembangbiakkan antar sesama kenari Mule.

Di lain tempat, beberapa penangkar di Inggris bahkan membuat istilah yang membedakan antara kenari mule dan kenari hybrid, meski kedua istilah ini memiliki pengertian yang sama. Mereka hanya menyebut kenari mule untuk persilangan antara kenari dan goldfinch, atau antara kenari dan jenis burung finch lainnya. Adapun kenari hibrida digunakan untuk F1 hasil persilangan antara dua spesies burung finch di luar kenari.

Persyaratan awal dalam crossing kenari :

Syarat utama untuk menyilangkan kenari dengan jenis burung finch lainnya adalah kedua spesies memiliki jumlah kromosom atau pasangan kromosom yang sama. Setiap sel burung kenari memiliki 42 kromosom atau 21 pasangan kromosom. Sebagian besar (tetapi tidak semuanya) burung dari kelompok finch juga memiliki kromosom / pasangan kromosom yang sama.

keterangn Kromosom :

Kromosom adalah struktur dalam inti sel yang terdiri dari DNA yang terikat dengan histon dan protein lain. Gen terbuat dari DNA (meskipun sebagian dari urutan DNA bukan bagian dari gen apapun). Gen disusun sepanjang kromosom dalam urutan yang kontinu. Struktur protein kromosom memungkinkan untuk aktivasi selektif (gen ditranskripsi menjadi protein) atau inaktivasi (gen tidak diungkapkan), dan dengan demikian untuk ekspresi diferensial dari genom dalam jenis sel yang berbeda dan ekspresi gen dalam urutan yang tepat selama perkembangan organisme atau pada berbagai kondisi metabolik.

distribusi-kromosom-burung

Kromosom pada burung, burung berjenis kelamin betina mempunyai kromosom Z W yang berperan penting untuk menentukan jenis kelamin anakannya. Burung betina akan menghasilkan anakan yang berjenis kelamin betina dengan meneruskan kromosom W dan menghasilkan anakan berjenis kelamin jantan dengan meneruskan kromosom Z. Dengan meneruskan kromosom Z ke keturunan yang berjenis kelamin jantan berarti betina tersebut mewariskan nyanyian indah yang berasal dari " ayah si betina “ ke anak jantannya. (GB)

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar